Sunday, March 20, 2016

Puasa Senin & Kamis


Keutamaan puasa senin kamis dan manfaat yang diperoleh dari berpuasa senin kamis. Di antaranya adalah, Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan,


إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739. All Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).




Usamah bin Zaid berkata,

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ تَصُومُ حَتَّى لاَ تَكَادَ تُفْطِرُ وَتُفْطِرُ حَتَّى لاَ تَكَادَ أَنْ تَصُومَ إِلاَّ يَوْمَيْنِ إِنْ دَخَلاَ فِى صِيَامِكَ وَإِلاَّ صُمْتَهُمَا. قَالَ « أَىُّ يَوْمَيْنِ ». قُلْتُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ. قَالَ « ذَانِكَ يَوْمَانِ تُعْرَضُ فِيهِمَا الأَعْمَالُ عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ »

“Aku berkata pada Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab, “Senin dan Kamis.” Lalu beliau bersabda, “Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. An Nasai no. 2360 dan Ahmad 5: 201. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan ghorib. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi yaitu shahih dilihat dari jalur lainnya).

Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab,

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

“Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (HR. Muslim no. 1162)

Keutamaan hari Senin dan Kamis secara umum dijelaskan dalam hadits Abu Hurairah berikut, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

“Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setia hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim no. 2565).

Bagaimana cara niat puasa senin kamis?

Anda dapat membaca penjelasannya dipostingan : Niat Puasa Senin Kamis Yang Benar dan Shahih

Bolehkah niat puasa senin kamis digabungkan dengan puasa sunah lain?

Para ulama membahas masalah ini dalam kajian at-Tasyrik bin Niyat ‘menggabungkan niat’. Batasannya, apa ada amal yang statusnya laisa maqsudan li dzatih, tidak harus ada wujud khusus, artinya dia hanya berstatus sebagai wasilah atau bisa digabungkan dengan yang lain, maka niatnya bisa digabungkan dengan amal lain yang sama.

Dalam Fatawa Syabakah Islamiyah dinyatakan,

فجمع أكثر من نية في عمل واحد هو ما يعرف عند أهل العلم بمسألة التشريك، وحكمه أنه إذا كان في الوسائل أو مما يتداخل صح، وحصل المطلوب من العبادتين، كما لو اغتسل الجنب يوم الجمعة للجمعة ولرفع الجنابة فإن جنابته ترتفع ويحصل له ثواب غسل الجمعة

Menggabungkan beberapa niat ibadah dalam satu amal, dikenal para ulama dengan istilah ‘at-Tasyrik’. Hukumnya, jika amal itu terkait wasilah, atau bisa digabungkan, maka dia boleh digabungkan. Dan dia bisa mendapatkan dua ibadah.

Seperti orang yang mandi junub pada hari jumat, untuk mandi jumat dan sekaligus untuk menghilangkan hadats besarnya, maka status hadats besar junubnya hilang, dan dia juga mendapatkan pahala mandi jumat.

Selanjutnya, tim Fatwa Syabakah menyatakan,

فإذا تقرر هذا فاعلم أنه لا حرج في الجمع بين صيام الإثنين والخميس وبين أي صوم آخر، لأن الصوم يوم الإثنين والخميس إنما استحب لكونهما يومين ترفع فيهما الأعمال

Dengan memahami ini, anda bisa menyatakan bahwa tidak masalah menggabungkan antara puasa senin kamis dengan puasa sunah lainnya. Karena puasa senin kamis, dianjurkan karena posisinya di dua hari yang menjadi waktu dilaporkannya amal kepada Allah. (Fatawa Syabakah Islamiyah, no. 103240).

Pahala Puasa Senin Kamis tetap mengalir jika tidak berpuasa

Bagian ini untuk memotivasi kita agar istiqamah dalam menjalankan amal sunah. Ketika anda memiliki kebiasaan amalan sunah tertentu, baik bentuknya shalat, puasa, atau amal sunah lainnya, dan anda tidak bisa melakukannya karena udzur sakit atau safar, maka anda akan tetap mendapatkan pahala dari rutinitas amal sunah yang anda kerjakan.

Dari Abu Musa al-Asy’ari Radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَرِضَ الْعَبْدُ أَوْ سَافَرَ ، كُتِبَ لَهُ مِثْلُ مَا كَانَ يَعْمَلُ مُقِيمًا صَحِيحًا

“Jika seorang hamba itu sakit atau bepergian maka dicatat untuknya (pahala) sebagaimana (pahala) amalnya yang pernah dia lakukan ketika di rumah atau ketika sehat.” (HR. Bukhari 2996).

Al Hafidz al-‘Aini mengatakan,

هذا فيمن كان يعمل طاعة فمنع منها، وكانت نيته لولا المانع أن يدوم عليها

”Hadis ini bercerita tentang orang yang terbiasa melakukan amal ketaatan kemudian terhalangi (tidak bisa) mengamalkannya karena udzur, sementara niatnya ingin tetap merutinkan amal tersebut seandainya tidak ada penghalang.” (Umdatul Qori, 14/247)

Dan itulah keistimewaan orang yang beriman. Pahala rutinitas amal baiknya diabadikan oleh Allah. Al Muhallab mengatakan,

“Hadis ini sesuai dengan apa yang ada dalam Al-Qur’an, Allah berfirman,

إِلَّا الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ

”Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shaleh mereka mendapatkan pahala yang tidak pernah terputus.” (QS. At Tin:6)

maksudnya mereka (orang-orang yang beriman) mendapatkan pahala ketika mereka sudah tua dan lemah sesuai dengan amal yang dulu pernah mereka kerjakan ketika masih sehat, tanpa terputus. Oleh karena itu, setiap sakit yang menimpa, selain yang akut dan setiap kesulitan yang dialami ketika safar dan sebab lainnya, yang menghalangi seseorang untuk melakukan amal yang menjadi kebiasaannya, maka Allah telah memberikan kemurahannya dengan tetap memberikan pahala kepada orang yang tidak bisa melakukan amal tersebut karena kondisi yang dialaminya.” (Syarh Shaih Al Bukhari oleh Ibn Batthal, 3/146).

Untuk itu, carilah amal sunah yang ringan, yang memungkinkan untuk anda lakukan secara istiqamah sampai akhir hayat, selama fisik masih mampu menanggungnya. Karena amal yang istiqamah meskipun sedikit, lebih dicintai Allah, dari pada banyak namun hanya dilakukan sekali dua kali.

Dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ خُذُوا مِنَ الأَعْمَالِ مَا تُطِيقُونَ ، فَإِنَّ اللَّهَ لاَ يَمَلُّ حَتَّى تَمَلُّوا ، وَإِنَّ أَحَبَّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ مَا دَامَ وَإِنْ قَلَّ

“Wahai para manusia, beramal-lah sesuai dengan kemampuan kalian. Karena sesungguhnya Allah tidak

akan bosan sampai kalian bosan. Sesungguhnya amal yang paling dicintai oleh Allah adalah amal yang paling rutin dikerjakan meskipun sedikit.” (HR. Bukhari 5861)


SUMBER:

http://www.ayat-kursi.com/2015/05/keutamaan-puasa-senin-kamis.html


,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,




Keajaiban Puasa Senin-Kamis

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيمDengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Quote:Sunnah Rasul Bro..!Quote:

Senin dan kamis merupakan dua nama hari dalam kalender Hijriyah dan Masehi. Namun hari itu memiliki keistimewaan tersendiri, karena pada hari itu Rasulullah Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk melaksanakan puasa sunnah pada hari-hari itu. Puasa Senin dan Kamis adalah puasa yang paling sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana sabda Rasulullah dari Abu Hurairah,

" Bahwasanya Rasulullah SAW adalah orang yang paling banyak berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Ketika ditanya tentang alasannya, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, "Tangguhkan keduanya. (HR. Ahmad).

Mengapa Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita mesti puasa sunnah pada tiap hari Senin dan Kamis? Dalam sebuah hadits yang disampaikan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

Sebagai amalan sunnah, tentu saja puasa senin kamis ini memiliki posisi yang penting di mata Allah SWT. Allah akan memberikan pahala puasa secara langsung kepada yang mengerjakannya. Amal kebaikan yang dilakukan oleh orang yang berpuasa akan dilipatgandakan menjadi 10 kali lipat.

Hal ini sudah dijanjikan oleh Allah SWT dalam sebuah hadits Qudsi-Nya:

" Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat."(HR. Bukhari dan Abu Daud).

Kata puasa dalam hadits di atas mengandung makna secara umum, maksudnya adalah puasa sunnah maupun wajib, termasuk puasa senin kamis ini. Inilah puasa yang disyariatkan oleh Rasululah SAW untuk menjaga keimanan dan ketakwaan seseorang.


Quote:Keistimewaan Puasa Senin Kamis:Quote:

1. Surga Balasannya Di Akhirat.

Allah SWT menyediakan surga untuk hamba-Nya yang beriman, bertakwa dan beramal saleh. Di sanalah mereka akan abadi dengan kenikmatan yang Allah SWT sediakan. Karena itu, tidak ada tempat yang paling baik dan paling indah sebagai tempat kembali di akhirat kecuali surga. Surga yang penuh kenikmatan diciptakan oleh Allah SWT sebagai ganjaran atas jerih payah hambaNya yang bertakwa.

2. Terhindar dari Siksa Api Neraka.

Begitu istimewanya ibadah puasa di hadapan Allah SWT sehingga orang tersebut akan diberikan ganjaran surga di akhirat. Namun, Allah SWT belum cukup dengan memberikan surga kepada orang-orang yang berpuasa. Allah SWT juga akan menjauhkan api neraka dari orang yang berpuasa sejauh-jauhnya.

3. Menjadi Penolong pada Hari Kiamat.

4. Menanamkan Kedekatan Diri pada Allah SWT.


Quote:Beberapa manfaat puasa Senin-Kamis bagi kesehatan jasmaniQuote:

1. Memberikan kesempatan istirahat kepada alat pencernaan. Karena pada hari saat kita tidak berpuasa alat penceranaan di dalam tubuh bekerja sangat keras, dan pada saat puasalah alat pencernaan tersebut beristirahat

2. Membersihkan tubuh dari racun dan kotoran (detoksifikasi). Dengan puasa Senin-Kamis, berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita sehingga menghasilkan enzim antioksi dan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dan karsinogen dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

3. Mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan gizi, yang belum tentu baik untuk kesehatan seseorang. Kelebihan gizi atau overnutrisi mengakibatkan kegemukan yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis (diabetes mellitus), dan lain-lain.


Quote:Fakta puasa senin-kamis ..! Quote:

Mantan presiden BJ Habibie dikenal sebagai orang yang selalu merutinkan puasa sunnah senin kamis . Baginya puasa senin kamis merupakan salah satu kunci sukses dalam kehidupannya.

Prof. Dr. Ir Amin Aziz, pendiri Bank Muamalat, ICMI, Baitul Mal watta’wil (BMT) dan Partai Amanat Nasional (PAN), juga orang yang selalu membiasakan diri berpuasa senin kamis dan sholat tahajjud.

"Saya rutin puasa senin kamis dan sholat tahajjud sudah puluhan tahun. Alhamdulillah kedua ibadah sunah di atas berdampak positif dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi saya”

Pimpinan Majlis Az Zikra, ust Muhammad Arifin Ilham, sejak muda selalu rajin puasa sunah senin kamis. Ia selalu mengamalkan tujuh sunnah harian rasulullah SAW, dan salah satunya yaitu puasa sunnah senin kamis.


Quote:Pengakuan Para Ilmuwan BaratQuote: Hal ini juga diakui oleh beberapa orang Ilmuwan dari Barat seperti Allan Cott M.D (Amerika), Dr. Yuri Nikolayev (Rusia) dan Alvenia M. Fulton (Amerika).

Dr. Allan Cott M.D

Allan Cott M.D bahkan telah membukukan beberapa hikmah dari puasa ke dalam sebuah buku yang berjudul Why Fast? Berikut adalah beberapa hikmah dari puasa yang diambil dari buku Why Fast? :

1. To feel better physically and mentally (merasa lebih baik secara fisik dan mental)

2. To look and fell younger (supaya terlihat dan merasa lebih muda)

3. To clean out the body (membersihkan badan)

4. To lower blood pressure and cholesterol levels (menurunkan tekanan darah dan kadar lemak)

5. To get more out of sex (lebih mampu mengendalikan sex)

6. To let the body health itself (membuat tubuh sehat dengan sendirinya)

7. To relieve tension (mengendorkan/ melepaskan ketegangan jiwa)

8. To sharp the senses (menajamkan fungsi indrawi)

9. To gain control of oneself (memperoleh kemampuan mengendalikan diri sendiri)

10. To slow the aging process (memperlambat proses penuaan)


Sementara itu, Dr. Yuri Nikolayev berpendapat bahwa kemampuan puasa yang bisa membuat seseorang menjadi awet muda adalah sebagai suatu penemuan terbesar abad ini. Beliau mengatakan:

Dr. Yuri Nikolayev

"What do you think is the most important discovery in our time? The radioactive watches? Exocet bombs? In my opinion the bigest discovery of our time is the ability to make onself younger phisically, mentally and spiritually through rational fasting.”

(Menurut pendapat Anda, apakah penemuan terpenting pada abad ini? Jam radioaktif? Bom exoset? Menurut pendapat saya, penemuan terbesar dalam abad ini ialah kemampuan seseorang membuat dirinya tetap awet muda secara fisik, mental, dan spiritual, melalui puasa yang rasional).

Alvenia M. Fulton, Direktur Lembaga Makanan Sehat “Fultonia” di Amerika Serikat menyatakan bahwa puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik perempuan secara alami. Puasa menghasilkan kelembutan pesona dan daya pikat. Puasa menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan membentuk kembali keindahan tubuh

"fasting is the ladies best beautifier, it brings grace charm and poice, it normalizes female functions and reshapes the body contour"

Ketiga orang Ilmuwan Barat itu, bahkan mengakui kehebatan dari puasa. Mengapa kita yang muslim justru terkadang melalaikannya? Padahal jelas sekali Rasulullah telah bersabda seperti di atas tersebut.


Quote:Mari kita mulai berpuasa, jangan menunggu hingga Ramadhan tiba untuk berpuasa karena belum tentu usia kita akan sampai ke Ramadhan mendatang. Mari kita mulai dengan puasa sunnah Senin-Kamis. Dan jangan lupa untuk sahur dan berbuka mengikuti anjuran Rasulullah saw. Semoga ALLAH SWT selalu memberikan rahmat dan hidayah-NYA kepada kita semua. Amiin ya Rabb al-’Alamin..

SUMBER:
http://www.lampuislam.org/2014/03/keajaiban-puasa-senin-kamis.html



,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,



Asal Usul & Manfaat Puasa SENIN & KAMIS


Dalam ajaran agama Islam, terdapat berbagai macam amalan sunnah Nabi SAW, mulai dari kegiatan sehari-hari, shalat, puasa, membaca quran dan sebagainya. Shalat-shalat sunnah sendiri terbagi menjadi belasan macam yang bisa kita lakukan, demikian pula puasa sunnah. Terdapat belasan bahkan mungkin puluhan jenis puasa sunnah, diantaranya puasa daud, puasa tengah bulan, puasa syawal, puasa muharram, puasa senin kamis dan sebagainya. Pada pembahasan kali ini kita akan lebih memfokuskan pembahasan mengenai puasa senin kamis.
Mengenai alasan kesunnahan puasa kenin kamis, ada beberapa hadits yang bisa dijadikan dalil. Hadits pertama adalah dari ‘Aisyah r.ha, beliau mengatakan,
إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيس
Rasulullah SAW biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai no. 2362)
Bersandarkan dengan hadits ini, tentu saja kita sebagai umat beliau dianjurkan untuk mengikuti langkah dan pilihan beliau.

Niat Puasa Senin Kamis

Sebagaimana seluruh amal lainnya, puasa sunnah senin kamis juga memerlukan niat agar puasa lebih bermakna dan dapat diterima oleh Allah SWT, karena niat yang ikhlas juga merupakan salah satu syarat diterimanya amal kita.
Artikel Terkait: Pentingnya Berniat Ketika Hendak Berpuasa

Kapankah Waktu yang Tepat untuk Berniat Puasa Sunnah?

pixabay.com
Sebelum kita membahas lafazh niat puasa senin kamis, mari kita belajar sebentar tentang kapankah kita harus berniat puasa sunnah?
Ada dua pendapat yang berbeda mengenai hal ini. Sebagian ulama tidak menyatakan bahwa niat puasa sunnah tidak harus dilakukan sebelum subuh sebagaimana puasa wajib ramadhan dan sebagian lainnya berpendapat bahwa berniat puasa sunnah harus sama seperti puasa wajib, yaitu harus diniatkan sebelum subuh.
Pendapat yang pertama dipilih oleh mayoritas ulama 3 madzhab, yaitu Hanafi, Syafi’i dan Hambali, dengan bersandarkan kepada hadits berikut ini:
Dari Aisyah r.ha, beliau menceritakan,
Rasulullah SAW pernah menemuiku pada suatu hari. Lalu beliau bertanya, “Apakah kamu memiliki makanan?” Aku menjawab, ‘Tidak.’
Lalu beliau mengatakan, “Jika demikian, saya puasa (sunnah) saja.”
Sementara ulama madzhab Maliki berpendapat puasa sunnah disyaratkan harus diniatkan sebelum subuh, seperti puasa ramadhan. Mereka bersandarkan kepada hadits Baginda Nabi SAW yang berbunyi,
“Siapa yang tidak berniat puasa di malam hari (sebelum subuh) maka tidak ada puasa baginya.”
Terlepas dari perbedaan pendapat tersebut, kita sebagai masyarakat Indonesia yang bermadzhab Syafi’iyah tentu saja lebih baik mengikuti pendapat dari Madzhab yang didirikan oleh Imam Syafi’i ini. Sebagai contoh kasus dalam penerapan pendapat Madzhab Syafi’i ini adalah sebagai berikut:
Seorang suami sama sekali tidak berniat puasa senin/kamis pada malam harinya. Nah, ternyata ketika waktu sudah menunjukkan pukul 06.00 pagi, sarapan belum tersedia. Belakangan ia mengetahui bahwa istrinya sedang berpuasa senin/kamis, maka ketika itu pula ia pun berniat puasa senin/kamis di pagi hari itu.

Lafazh Niat Puasa Senin Kamis


Puasa senin dan kamis adalah dua ibadah yang terpisah sehingga lafazh niatnya pun berbeda. Hal ini juga menunjukkan bahwa tidak ada keterikatan atau kewajiban salah satu puasa harus diikuti satu puasa lainnya, sehingga terkadang kita boleh hanya melaksanakan puasa senin atau puasa kamis saja dalam satu minggu.

Niat Puasa Senin

نويت صوم يوم الاثنين سنة لله تعالى

Dibaca: “Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatan liLlaahi ta’aalaa“.
Artinya: “Aku berniat puasa sunnah hari senin karena Allah Ta’ala.

Niat Puasa Kamis

نويت صوم يوم الخميس سنة لله تعالى

Dibaca: “Nawaitu shouma yaumal khomiisi sunnatan liLlaahi ta’aalaa”.
A
rtinya: “Aku berniat puasa sunnah hari kamis karena Allah Ta’ala.

Asal Usul Puasa Senin Kamis

pixabay.com
Ketika Rasulullah SAW memilih puasa senin kamis sebagai puasa sunnah yang paling banyak dijalani, tentu saja ini bukan tanpa alasan. Berikut ini adalah alasan atau penyebab mengapa Rasulullah memilih kedua hari tersebut.

Penyebab dan Keutamaan Puasa Senin

Berikut ini adalah hadits-hadits Nabi Muhammad yang menjelaskan alasan beliau melaksanakan puasa sunnah senin.
Dari Abu Qatadah Al-Anshariy r.a beliau berkata, Rasulullah SAW pernah ditanya mengenai (alasan) puasa hari senin, lantas beliau menjawab;
ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ
Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu (pertama kali) untukku.” (HR. Muslim no. 1162)
Selain itu, ada juga hadits yang menjelaskan bahwa di hari senin itulah amal-amal kita dilaporkan kepada Allah dan Rasulullah SAW itu senang apabila ketika amalan beliau dilaporkan sedangkan beliau dalam keadaan berpuasa.

Penyebab serta Keutamaan Puasa Kamis

Tidak jauh berbeda dengan penyebab puasa sunnah senin, berikut ini hadits mengenai alasan dan keutamaan puasa kamis.
Hadits tersebut adalah sebuah hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda,
تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ
Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747)
Artikel terkait: Asal Usul Puasa Muharram

Manfaat Puasa Senin Kamis

Saya kira, hadits-hadits di atas sudah cukup untuk menjelaskan mengenai sunnah dan keutamaan dari puasa sunnah senin kamis itu sendiri, sehingga materi yang perlu kita bahas selanjutnya adalah mengenai manfaat dari puasa senin kamis.
Ada kurang lebih 8 manfaat yang bisa didapatkan dari puasa sunnah ini. Berikut ini adalah manfaat puasa senin kamis.

1. Membantu Memudahkan Mengerjakan Amal Shaleh Lainnya


Biasanya, ketika kita melaksanakan puasa, kita akan lebih cenderung untuk menambah amal shaleh lainnya dan menghindari perbuatan dosa demi menghormati puasa itu sendiri. Bentuknya biasanya sugesti dari dalam diri sendiri, contohnya “Sudah puasa, nggak perlu sarapan nih, sholat dhuha aja deh,” atau “Lagi puasa nih, jangan sampe ngomong kotor, pokoknya puasanya harus sempurna!” dan sebagainya.
Karena puasa senin kamis merupakan puasa yang dianjurkan untuk dikerjakan secara rutin dan kontinyu, maka dengan begitu amal ibadahmu pun bisa semakin banyak dan istiqomah. Misalnya, kamu berpuasa senin kamis secara penuh dalam satu bulan, artinya kamu sudah berpuasa 8 hari alias hampir sepertiga bulan! Tentu saja ada perbedaan pada amal ibadahmu yang dilakukan di bulan biasa dan di bulan yang kamu isi dengan puasa senin kamis di dalamnya.
Saya sarankan untuk di awal, tambahan amalnya tidak perlu yang berat-berat, cukup sholat dhuha 2 rakaat itu sudah sangat baik.

2. Membantu Menjaga Hawa Nafsu


Memang di antara tujuan puasa adalah membantu mengontrol hawa nafsu. Sehingga, ketika Rasulullah SAW memberikan saran kepada para pemuda yang ingin menikah akan tetapi belum memiliki kecukupan, maka mereka dianjurkan untuk berpuasa.
Hawa nafsu itu sebenarnya memiliki makna yang sangat luas, seperti nafsu untuk menggunjing, berkata kotor, mencuri, berbuat kejahatan dan juga termasuk nafsu birahi atau syahwat, semua itu masuk ke dalam kategori hawa nafsu yang harus dijaga.
Apabila kita kembali menengok pesan dari Nabi untuk memperbanyak puasa guna mengontrol hawa nafsu, maka bisa kita pahami yang dimaksud puasa di sini adalah puasa-puasa sunnah. Bukankah nafsu buruk tidak hanya muncul ketika bulan Ramadhan saja? Maka, termasuk di dalam puasa yang dianjurkan Nabi SAW untuk membantu mengontrol hawa nafsu adalah puasa senin kamis ini. Apabila ia dikerjakan secara terus menerus, puasa sunnah ini akan membantu kita untuk semakin bersabar terhadap hawa nafsu.

3. Melembutkan Hati dan Menjadikannya Lebih Peka Terhadap Lingkungan Sekitar


Puasa senin kamis juga akan melembutkan hati sehingga menimbulkan kepekaan sosial pada orang yang mengamalkannnya. Ketika berpuasa, kita diajarkan untuk tahu bagaimana rasanya tidak mempunyai makanan dan minuman. Apalagi kalau puasa senin kamis ini dilakukan secara rutin dan dalam jangka waktu yang cukup lama, tentu saja akan semakin besar pula tingkat kepekaan sosial kita kepada mereka yang membutuhkan.
Dalam hal ini, puasa senin kamis bisa menjadi semacam terapi atau pemberian sugesti secara rutin dan terus menerus. Maka, mulai sekarang mari biasakan berpuasa senin kamis. Jangan lupa untuk diniatkan karena Allah dan untuk melatih kepekaan sosial. Apabila kamu belum terbiasa melakukan puasa sunnah, nggak perlu takut. Puasa sunnah itu mudah banget kok dikerjakan karena tidak membutuhkan modal sama sekali kecuali “gak makan”.

4. Mengistirahatkan Organ Penting di Tubuh


Saat kita sedang berpuasa, organ tubuh kita, khususnya organ pencernaan, akan beristirahat karena tidak ada makanan yang perlu dicerna. Hal ini akan sangat berpengaruh untuk kesehatan jangka panjang kita. Logikanya, apabila ada sebuah unit mesin dihidupkan selama 24 jam dan digunakan untuk berbagai keperluan secara terus menerus tanpa henti, apa yang akan terjadi? Benar, mesin tersebut akan rusak secara perlahan. Begitu juga dengan organ tubuh manusia, mereka akan rusak jika tidak diistirahatkan.
Puasa senin kamis merupakan solusi terbaik untuk mengistirahatkan organ pencernaan kamu. Dalam seminggu, organ pencernaan cukup bekerja selama 5 hari dan akan diistirahatkan selama 2 hari.

5. Menambah Kecantikan bagi Wanita

pixabay.com
Salah satu manfaat lain dari puasa senin kamis adalah dapat menurunkan kadar lemak. Sehingga, orang yang rutin berpuasa senin kamis memiliki kesempatan bertubuh ramping lebih tinggi. Kamu sekarang tidak perlu program diet lainnya, cukup dengan berpuasa senin kamis secara rutin, itu sudah lebih dari cukup. Kamu pun mendapatkan 2 keuntungan sekaligus, mendapatkan pahala, langsing pula, hehe. Bahkan lebih dari itu, rutin berpuasa senin kamis juga berguna untuk meremajakan sel-sel kulit serta mengencangkan kulit.
Tapi ingat, niat berpuasa senin kamis tetap karena Allah dan ingin mendapatkan keridhoan-Nya. Jangan sampai kamu niat berpuasa agar langsing atau cantik. Karena kecil sekali nilai niat yang seperti itu apabila dibandingkan dengan keridhoan Allah. Jadi, tetap niatkan puasa karena Allah SWT, sedangkan hasil lain yang didapat (dalam hal ini adalah langsing) merupakan bonus dari Allah SWT.

SUMBER:

http://nettik.net/asal-usul-manfaat-dan-niat-puasa-senin-kamis/



 ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,


 

10 Manfaat Puasa Senin Kamis

 
Dengan berpuasa senin kamis, sel-sel tubuh akan mengalami reorganisasi atau pergantian secara teratur. Hal itu yang menyebabkan sel-sel dalam tubuh Anda selalu mengalami peremajaan. Dengan begitu, organ dalam maupun luar tubuh Anda akan menjadi lebih sehat dan segar. Misalnya, pada organ kulit yang mengalami peremajaan sel-sel kulit akan menjadikan kulit wajah lebih bersih, segar, dan terlihat cantik. Bagi Anda para wanita yang menginginkan terlihat selalu tampil cantik dan awet muda, tidak ada salahnya mencoba melakukanpuasa senin kamis.


Siapa yang menjalankannya akan mendapat pahala, sementara yang tidak menjalankan tidak mendapat dosa. Namun, ibadah sunah tentu sangat bermanfaat bagi Anda baik secara langsung maupun tidak. Salah satu contohnya, yaitu ibadah sunah puasa senin kamis. Manfaat puasa senin kamis sangat besar, dilihat dari segi kesehatan tubuh maupun mental dan spiritual yang dialami oleh pelakukanya. Oleh karena itu, mereka yang suka puasa senin kamis dapat memaksimalkan serta menyeimbangkan antara tiga kecerdasan, yaitu kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ).

Manfaat puasa senin kamis memang sangat banyak dan membantu kehidupan manusia dalam beraktivitas sehari-hari. Di agama yang lain pun selain Islam, umatnya juga dianjurkan dan diperintahkan untuk berpuasa, meskipun tata caranya berbeda. Berikut akan disampaikan beberapa manfaat puasa senin kamis yang bisa Anda pelajari.

1. Peremajaan sel kulit


Sel-sel kulit manusia yang telah mati perlu diganti atau dengan kata lain diremajakan kembali. Anda tidak perlu bantuan produk atau obat tertentu yang harus dikonsumsi. Anda hanya perlu melakukan puasa senin kamis secara rutin. Hal itu dikarena, berhubungan dengan metabolisme dalam tubuh manusia yang berhenti saat berpuasa, dan itu menyebabkan sel-sel tubuh dapat bekerja lebih aktif lagi, seperti halnya sel-sel kulit.
2. Mengencangkan kulit
Mungkin Anda tidak percaya apa hubungannya antara puasa senin kamis dengan pengencangan kulit. Seperti halnya peremajan kulit, saat Anda berpuasa sehari penuh metabolisme dalam tubuh juga ikut beristirahat sehingga membuat sel-sel dalam tubuh bekerja lebih maksimal. Hasilnya, antara lain, organ tubuh luar, seperti kulit akan lebih sehat dan kencang. Coba buktikanlah!
3. Mengeluarkan racun dalam tubuh
Tanpa penelitian dari para ilmuwan, Anda pun dapat berpikir secara logika, jika puasa puasa senin kamis dapat meneluarkan toksin atau racun dalam tubuh. Racun yang bercampur dalam lemak, darah, atau bagian yang lain itu berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Untuk mengeluarkannya bukan hanya dengan berolah raga saja. Namun, Anda harus berhenti mengkonsumsi makanan dan minuman minimal selama sehari, agar racun dapat dikeluarkan dengan efektif. Pengeluarannya dapat lewat keringat, urine, atau saat Anda buang air besar. Cara puasa senin kamis memang dipercaya ampuh untuk mengelurkan racun yang sudah mengendap dalam tubuh. Jika racun-racun tersebut sudah keluar, maka Anda akan merasakan tubuh Anda lebih sehat dan bugar.
4. Memberikan istirahat untuk organ pencernaan
Organ perncernaan dalam tubuh yang Anda miliki diibaratkan seperti mesin, sebut saja mesin kendaraan bermotor. Tidak mungkin sebuah mesin dapat dihidupkan dan dijalankan terus menerus karena hanya akan merusak salah satu atau lebih onderdil atau sparepart bagian dari mesin tersebut. Oleh karena itu, mesin kendaraan bermotor juga membutuhkan istirahat agar tidak cepat rusak komponen di dalamnya. Selain itu, juga membutuhkan perawatan yang rutin.
Seperti juga organ pencernaan dalam tubuh Anda yang membutuhkan istirahat untuk tidak bekerja minimal sehari hingga dua hari dalam seminggu. Hal itu berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi organ pencernaan, mengeluarkan racun-racun dalam organ pencernaan, serta sebagai perawatan rutin agar tidak cepat rusak untuk organ pencernaan Anda. Satu-satunya cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk mengistirahatkan organ perncernaan adalah puasa senin kamis.
5. Menurunkan kadar lemak
Lemak memang salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. namun, jika Anda memiliki lemak dalam tubuh yang terlalu banyak tentu hanya akan membuat penyakit datang. Oleh karena itu, kelebihan lemak dalam tubuh Anda harus dihilangkan. Ada tiga cara yang sangat efektif dan dapat Anda lakukan segera, yaitu berolah raga secara teratur, melakukan diet yang menyehatkan, dan melakukan puasa senin kamis. Ketiga cara tersebut jika dilakukan dengan benar, dijamin akan menurunkan kadar lemak dalam tubuh Anda. akibat positifnya, tubuh Anda akan terhindar dari gangguan penyakit, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol.
6. Mempercantik kaum wanita secara alami
7. Menenangkan jiwa dan perasaan
Orang sudah terbiasa melakukan puasa senin kamis biasanya dapat lebih mengontrol pikiran dan perasaannya. Sebagai contoh, dengan puasa senin kamis orang dapat lebih bersabar, mengontrol hawa nafsu, dan pikiran-pikiran kotor atau negatif. Dengan terkontrolnya pikiran, akan menyebabkan ketenangan jiwa. Bagi Anda yang selama ini selalu dihantui rasa takut, stres, depresi, atau mengarah pada gangguan kejiwaan. Cobalah mempraktikkan puasa senin kamis agar pikiran dan jiwa Anda lebih tenang dan terkontrol.
8. Mampu mengendalikan hawa nafsu
Orang yang sering melakukan puasa senin kamis lebih mampu dan mahir mengendalikan hawa nafsu yang selalu bergejolak dalam hati dan pikirannya. Contoh yang logis adalah seorang pemuda atau pemudi yang selalu merasa kesepian dan selalu terbayang berhubungan dengan lawan jenisnya. Setiap manusia normal pasti berharap seperti itu. Namun, hawa nafsu seperti itu harus selalu dikontrol agar tidak menimbulkan efek negatif pada diri yang bersangkutan. Salah satu cara yang paling efektif untuk mengendalikan hawa nafsu adalah melakukan puasa senin kamis.
9. Lebih peka terhadap lingkungan sekitar
Saat Anda melakukan puasa senin kamis, pasti akan merasakan lapar dan haus yang sangat. Rasa seperti itulah yang dirasakan oleh banyak orang miskin dan tidak mampu. Mereka untuk mengisi perut agar tetap bisa hidup hingga mengemis atau memungut makanan sisa dari tumpukan sampah. Namun, Anda tentu lebih beruntung karena tidak mengalaminya. Oleh karena itu, orang yang biasa berpuasa senin kamis lebih peka terhadap kondisi lingkungan sekitar. Rasa ini menjadi lebih besar saat orang yang berpuasa tersebut mengalami rasa lapar dan haus, seperti yang dirasakan orang-orang miskin.
10. Lebih banyak beramal
Orang yang terbiasa puasa senin kamis akan lebih meningkatkan amalan ibadahnya dengan banyak beramal. Misalnya, memberikan bantuan kepada fakir miskin, orang yang tidak mampu, atau kepada anak-anak yatim. Orang tersebut yakin dengan banyaknya amalan tambahan pendamping puasa senin kamis yang dijalankannya, maka akan memperoleh banyak pahala yang berlipat. Itulah efek positif secara tidak langsung yang dapat diraih setiap orang yang puasa senin kamis.


SUMBER:
http://manfaat.co.id/10-manfaat-puasa-senin-kamis




1 comment:

  1. LuckyClub - Live Casino Site | LuckyClub.live
    LuckyClub | Live Casino | Betway Casino | Sloto Cash luckyclub | Jackpot Casino | Betway Casino | PokerStars Casino | PokerStars Casino.

    ReplyDelete