Sunday, March 27, 2016

Rahasia Manfaat di Balik Gerakan Sholat

Rahasia Manfaat di Balik Gerakan SholatShalat lima waktu merupakan salah satu kewajiban bagi umat islam. Shalat ternyata tidak menjadi amalan utama di akhirat nanti, tetapi shalat juga memiliki manfaat di setiap gerakannya untuk kesehatan tubuh kita.

RAHASIA GERAKAN SHOLAT 

 




Berikut rahasia manfaat di balik gerakan sholat:

1.       Takbiratul ihram

Takbiratul ihram merupakan gerakan solat pertama yang mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga, lalu didekapkan di depan perut atau bagian bawah dada. Manfaat gerakan ini yaitu, untuk melancarkan aliran darah, getah bening or limfe dan kekuatan otot pada lengan.


2.       Rukuk

Rukuk merupakan gerakan yang dimana posisi tulang belakang atau punggung menunduk lurus dengan posisi kepala, yang bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan syaraf pusat.


3.       I’tidal

Gerakan bangun dari rukuk yang dimana tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan setinggi daun telinga. Manfaat gerakan tersebut sangat baik untuk penceraan, karena gerakannya banyak melibatkan perut dan organ pencernaan lainnya sehingga organ pencernaan seolah mengalami pemijatan dan pelonggaran.


4.       Sujud

Karena posisi jantung berada atas otak saat sujud, menyebabkan darah kaya oksigem yag dapat mengalir maksimal ke otak. Aliran ini memberi efek positif pada daya pikir seseorang.


5.       Duduk

Dalam shalat terdiri dari dua macam cara duduk, yaitu tahiyyat awal dan tahiyyar akhir. Perbedaannya yaitu terletak pada posisi telapak kaki. Manfaat bagi kesehatan saat tahiyyat yaitu, kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung sengan syaraf nervus ischiadius. Posisi ini dapat menghilangkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan seseorang tak mampu berjalan. Sedangkan duduk tahiyyat akhir sangat baik bagi pria, karena tumit akan menekan aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. Bila dilakukan dengan benar, postur irfi dapat mencegah penyakit impotensi.


6.       Salam

Gerakan terakhir dalam shalat yaitu salam, gerakan tersebut memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal. Manfaatnya yaitu, merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala dan menyempurnakan aliran darah di kepala.

sumber:

http://tanjungherbal.com/blog/rahasia-manfaat-di-balik-gerakan-sholat/

No comments:

Post a Comment